Rabu, 10 Juni 2015

Seberapa Cepat Loading Blogmu?

Saat membuat blog, apa yang terpikir pertama kali dalam benak sahabat? Tampilan blog yang cantik? Ya, umumnya itu yang terpikir saat baru mulai ngeblog. Terkadang malah nggak sadar, kalo tampilan blognya sudah seperti pasar malam. Kerlap kerlip di sana sini, atau biar terlihat lebih sejuk (mungkin) diberikan efek salju turun hahaa... Mungkin si pemilik blog ingin memanjakan pengunjung dengan tampilan yang keren. Menurutku sih sah-sah saja, toh itu blogmu sendiri khan? Beberapa tahun ke belakang, kalo boleh dibilang malah menjadi semacam tren bahwa tampilan blog harus cantik. Silahkan gugling, pasti banyak tips blogging untuk mempercantik blog, mulai dari template gratis sampai berbagai widget menarik lainnya. Sekali lagi, sah bahwa tampilan blog harus cantik, karena pada dasarnya manusia suka akan keindahan, iya khan?

seberapa cepat loading blogmu

Namun seiring dengan perkembangan dunia blogging, menurutku tampilan blog yang semata-mata hanya cantik, lambat laun akan ditinggalkan oleh pengunjung. Ribuan bahkan jutaan blog dengan berbagai artikel yang menarik bersaing untuk mendapatkan tempat teratas di mesin pencarian dan menarik pengunjung untuk singgah. Dari pengalaman blogwalking, aku banyak menemui artikel dari sahabat blogger yang bagus-bagus, namun sayang loading blognya terlalu lambat, sehingga keinginan untuk singgah akhirnya dibatalkan. Sayang khan kalo kejadian seperti ini menimpa blog kita.

Nah untuk melihat seberapa cepat loading blog, biasanya aku memakai alat ukur gratisan yang bisa mendeteksi berat (size) blog dan kecepatan loading (speed) blog. Caranya mudah, tinggal entry url atau alamat blog yang ingin dicek, dan hasilnya akan langsung bisa dilihat, yaitu size, load time dan average speed per KB. Namun yang paling penting diperhatikan adalah size. Kalo hasilnya diatas 100 KB, aku kira blog harus segera di reparasi. Kerlap kerlip dimatikan, hujan salju di delete saja hahaa... Alat ukur ini juga bisa untuk membandingkan dengan blog lainnya. Kalo penasaran ingin mengetahui seberapa cepat loading blogmu, masukkkan url melalui form dibawah ini :
Link Web/Blog: Masukkan link web/blog yang akan di test
(contoh : www.kafaqi.com)
Powered by iWEBTOOL

Jika kurang yakin dengan alat ukur tersebut, bisa juga mencoba dengan PageSpeed Insights. Caranya sangat mudah, tinggal masukkan url blog, lalu klik analisis. Hasilnya adalah kecepatan loading blog di perangkat seluler dan desktop. Kalo hasilnya 75/100, itu artinya kecepatan blog normal, kalo di atas 75/100, berarti cepat sekali loadingnya, namun kalo hasilnya dibawah 75/100 itu artinya blog harus dipermak agar performance-nya meningkat. Sayang khan kalo pengunjung kabur gegara loading blog yang lelet.

Semoga postingan ini bermanfaat. Mohon maaf kalo artikel ini terkesan menggurui, maklum newbie masih belajar nulis, terkadang penyakit sok taunya kambuh... Abaikan saja!

Pejalan apa adanya, anti hoax, suka makanan tradisional, suka bacaan yang ringan dan sesekali menulis.

8 komentar

loading blogku di bawah 75.. :(

Gak apa2... blog ini ketika diukur dengan PageSpeed Insights juga hanya mendpt skor 72/100 di perangkat mobile, meski utk perangkat desktop sangat cepat 82/100... Maless juga sih utak atik lagihh hahaa...

hehe wah itu blog saya banget mas.... kena deh hehe.... kadang egosime target sasaran pembaca bakal memupus itu mas hehe.....

Iya mas Angki .... Pdhl artikelnya bagus, tp loadingnya itu loh harus extra sabar nunggu lamannya nongol...berat teuing hehee

sudah minimal banget. satu widget sudah aku buang, mungkin slidernya yang nambah beban, tapi masih sayang.. soalnya itu seharian penuh, aku bikin itu.. hehe#selalumemaksakankehendak.

Iya ga pa2 sih, kalo slider-nya ttp dipertahankan, palingan kalo mau merubah sedikit lagi, Popular post kyknya cukup max 5 aja, trus itu khan sudah ada icon twitter yg sbenarnya bisa lgs ngelink ke akun twitter kita, jadi burung tuitnya dikandangin aja hehee. Satu lagi, G+ widget bisa pake model spt yg kupakai di blog ini, lbh ringan krn tanpa pictures dari tmn2... Tapi ini masalah selera loh ya, mw spt yg skrg jg ga apa-apa. Aku liat tampilannya, skrg lbh rapi, bagus kok hehee


EmoticonEmoticon